23 Destinasi Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Wajib Kamu Singgahi

Posted: 27 April 2015 in Artikel Wisata
Tag:, , , , , ,

Sebagai salah satu kota yang terletak di Jawa Timur Malang ternyata memiliki potensi wisata yang luar biasa. Hal ini terbukti dari banyaknya destinasi mengunggah hati di kota yang dikenal dengan julukan Kota Malang tersebut. Bahkan terlalu banyaknya kami sengaja memilih “hanya” 23  dari sekian banyak objek wisata yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke Malang.

Kayaknya butuh waktu lebih dari seminggu untuk bisa mengeksplorasi berbagai potensi wisata yang ada di kota tersebut. Nah untuk bisa mempermudah kamu dalam menjelajah kota berhawa dingin itu, kami sengaja menulis tentang 23 tempat wisata di Malang yang reccomend untuk didatangi. Semoga bisa membantu kamu untuk mengeksplorasi Malang ya guys!

1. Menapaki kisah cinta di Coban Rondo

Coban Rondo, air terjun cantik di Pujon Malang

Mungkin bagi kamu yang sudah pernah jalan-jalan di Malang nama Coban Rondo bukanlah nama yang asing lagi. Ya Coban Rondo merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di sana. Coban Rondo sendiri memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo berarti Janda. Kalau menurut sejarahnya sih goa ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.

Suaminya tersebut konon tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang naksir berat sama Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun sang suami menyembunyikan si istri dari Joko Lelono dan sejak saat itu pula diduga air terjun tersebut mulai ada. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke air terjun cantik ini silahkan datang ke Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, sekitar 12 KM dari Kota Batu.

2. Jelajahi Jejak Sejarah Otomotif yang Tak Akan Terasa Membosankan di Museum Angkut

museum angkut, batu, malang

Bagi kamu yang gak terlalu suka sama museum kayaknya harus sedikit bernegoisasi dengan museum yang satu ini deh. Soalnya museum ini memiliki konsep yang berbeda jika dibandingkan dengan museum yang ada pada umumnya. Jika museum lain menawarkan benda-benda bersejarah kaya batu-batuan zaman purbakala, alat makan zaman dulu, atau mungkin senjata perang, museum ini mengoleksi mobil-mobil tua yang otentik banget. Gak cuma mobil-mobil tua dari berbagai benua seperti Eropa, Amerika, atau Asia saja di museum ini bahkan mengoleksi kendaraan-kendaaran zaman baheula seperti kereta yang ditarik oleh kuda dan sapi.

Hal yang lebih keren lagi adalah di museum angkut tersebut ada juga loh mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno, presiden pertama Indonesia. Meskipun harus merogoh kocek agak dalam karena harga tiket masuknya yang lumayan mahal (Rp.50.000 untuk weekdays dan Rp.75.000 untuk weekend) tapi kepuasan berkunjung ke museum tersebut dijamin sesuai. Jangan lupa berfoto bersama ribuan koleksi super classy di di sana ya Gak perlu bingung mikirin bagaimana caranya bisa sampai di museum tersebut karena lokasi museum terletak di daerah Kota Batu sehingga kamu bisa dengan mudah menemukannya.

3. Belajar Sambil Makan di Inggil Museum Resto

Restauran keren di Kota Malang

Dari namanya saja kalian mungkin sudah bisa menebak kira-kira kaya apa sih isi dari museum ini. Ya Inggil Museum Resto ini memang museum yang di dalamnya juga menyediakan restauran. Jadi kalau kamu kelaparan tapi juga masih pengen pergi ke objek wisata jangan khawatir karena di resto ini kamu bisa makan sambil melihat berbagai koleksi benda antik bernuansa Jawa. Mulai dari berbagai jam weker lintas generasi, mesin jahit yang udah renta, radio tua, koleksi uang kuno, bahkan sampai alat pengering rambut dari Belanda yang berusia 84 tahun, wow!

Kalau untuk menu makanan, di restauran ini sudah pasti menjagokan menu-menu khas Jawa Timur yang super maknyus seperti: , nasi jagung, rawon buntut, pecel terong, dan lain sebagainya. Oh ya resto ini terletak di Malang kota loh, jadi gampang kan untuk kamu mendatangi museum resto ini?

4. Menikmati Kecantikan Alam Ala Omah kayu

Pemandangan dari atas omah kayu

Omah kayu sebenarnya adalah penginapan dengan konsep mirip rumah pohon. Dengar-dengar sih harga menginap di sini per malamnya sekitar Rp.250.000-Rp.300.000, tapi bagi kamu yang cuma ingin merasakan sensasi duduk-duduk santai bisa kok dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000. Terus apa yang menarik dari Omah Kayu ini?

Di sini pengunjung bisa melihat pemandangan area persawahan dari ketinggian. Semilir angin khas Kota Malang menambah nilai kenikmatan nongkrong di rumah kayu tersebut. Rumah kayu ini berada di Kota Batu Malang. So bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur di Malang jangan lupa masukin tempat ini ke dalam objek wisata yang harus kamu datangi ya.

5. Punya Nyali Besar? Coba Menantang “Maut” Lewat Wisata Paralayang

Uji adrenalin di Batu Malang

Paralayang termasuk salah satu cabang olahraga ekstrem, itu kenapa wisata ini bisa juga disebut sebagai wisata menantang “maut”. Tapi bagi kamu adrenaline junkie tentunya berada di ketinggian sambil melihat panorama alam bukanlah hal yang menakutkan kan? Maka dari itu sayang banget dong kalau kamu sudah ada di Malang dan melewatkan terbang tinggi di langit Kota Apel tersebut. Untuk bisa merasakan serunya berdansa dengan ketinggian ini kamu bisa mendatangi salah satu penyedia jasa paralayang yang terpusat di daerah Batu, Malang.

6. Di Malang Kamu Bisa Menikmati Wisata Gratisan yang Gak Murahan di Alun-Alun Kota Batu

Keren ya alun-alunnya?

Tampaknya Kota Batu Malang serius banget nih membenahi potensi wisatanya. Buktinya mereka menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang di alun-alunnya terdapat feris wheel atau bianglala. Selain itu di alun-alun ini juga terdapat playground anak-anak, ruang informasi berbentuk strawberry, serta patung bentuk apel yang menjadi icon dari Kota Malang sendiri. Kerennya kamu gak perlu mengeluarkan uang seperak pun untuk bisa menikmati keseruan di alun-alun Kota Batu. Hanya saja kalau mau naik bianglala ya tetap bayar sih. Tapi lebih dari itu sekedar duduk-duduk sembari melihat air mancur aja sudah cukup menghibur kok!

7. Tengok Kecantikan 7 Air Terjun Sumber Pitu

Mata air sumber pitu

Satu air terjun aja sudah keren kan? Bisa bayangin gak kalau ada 7? Ya untuk bisa menikmati keindahan tujuh air terjun sekaligus sangat mungkin jika kamu pergi ke Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Jadi menurut cerita masyarakat setempat ada 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu tersebut.

Wisata air terjun ini dinilai memiliki nilai magis, maka tidak heran jika beberapa warga dari luar desa sering melakukan ritual dengan membawa air dari tempat tersebut karena dipercaya sebagai air suci. Tapi di luar kemagisan yang dipercaya oleh masyarakat setempat, air terjun sumber pitu adalah objek wisata yang memiliki kecantikan luar biasa. Gak percaya? Datang saja sendiri.

8. Menikmati Keperawanan Pantai Sipelot

Si perawan bernama Sipelot

Di Malang ada banyak pantai terkenal dan belum terkenal yang wajib “dinikmati” keindahannya oleh para turis pecinta wisata pantai. Salah satu pantai yang istilahnya masih “virgin” adalah Pantai Sipelot. Si perawan ini berada di Desa Pujiharjo, Kabupaten Malang. Pantai dengan pasir berwarna coklat dan laut yang berwarna biru jernih menjadi magnet kuat yang dimiliki Pantai Sipelot. Sayangnya kamu tidak bisa berenang di pantai tersebut karena ombaknya tinggi sehingga cukup berbahaya. Tapi meskipun tidak bisa berenang nilai plus lainnya yang dimiliki pantai ini adalaha adanya Coban Sipelot, yakni air terjun yang tingginya sekitar 10 meter.

9. Mengunjungi Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya Jawa Timur

Pura di tengah Pantai Balekambang

Berkunjung ke Pantai Balekambang akan mengingatkan kita pada bentuk salah satu pantai di Pulau Dewata yakni Tanah Lot. Hal yang membuat pantai ini memiliki kemiripan dengan Pantai Tanah Lot adalah keberadaan pura yang terletak di tengah laut. Pantai ini terletak 65 KM di Selatan Kota Malang. Bibir pantai Balekambang terbentang sepanjang 2 KM dengan deburan ombak yang akan menyentuh kaki orang yang berjalan di pinggirnya. Oh ya Pantai Balekambang ini salah satu pantai favorit masyarakat Malang loh. Jadi bagi kamu yang ingin berkenalan atau ngecengin masyakarakat lokal bisa nih datang ke tempat ini. Siapa tahu ketemu jodoh ya kaan?

10. Wisata Pintar di Museum Kesehatan Jiwa Malang

Alat hydrotherapy di museum kesehatan jiwa

Kalau kamu suka sama sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan pergi ke Museum Kesehatan Jiwa Malang adalah suatu hal menarik yang bisa dilakukan. Usia museum jiwa ini sudah sekitar 110 tahun. Di dalamnya terdapat berbagai alat-alat kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Namun karena ukuran museum yang belum memadai maka baru ada 700 koleksi alat kesehatan yang bisa dipajang. Museum ini didirikan pada tahun 2009.

11. Sensasi Mandi Bersama Alam Di Sumber Air Krabyakan

Sumber air krabyakan

Bosan mandi di kamar mandi biasa? Kalau iya kamu punya kesempatan untuk mandi di alam secara langsung saat berkunjung ke Sumber Air Krabyakan yang terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Malang. Tidak perlu membayar mahal untuk merasakan sensasi mandi di alam ini karena pengunjung hanya dipungut biaya sebesar Rp.1.000.

Pemandangan alam berupa hamparan sawah serta batu kali yang terjejer rapi mengelilingi kolam menambah sempurna sensasi mandi di kolam alam ini. Sayangnya untuk sampai ke sini kamu harus sering-sering bertanya pada masyarakat setempat karena belum adanya penunjuk arah yang jelas.

12. Mencari Ketenangan Ala Pulau Lombok di Pantai Ngeliyep

Pantai Ngeliyep yang tenang berpasir tenang

Gak perlu harus jauh-jauh ke Lombok kalau memang budget kamu mepet. Jika ingin melihat pantai berpasir putih di Malang juga ada kok. Pantai cantik berpasir halus ini terletak 62 KM dari Selatan Kota Malang. Selain pasir putihnya, keunikan pantai ini adalah karena pantai tersebut terhitung masih sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Jawa Timur . Kamu bisa bersantai sembari menikmati deburan ombak yang datang di antara batu karang di tengah lautan.

13. Menjadi Pejalan yang Bertanggung Jawab di Pulau Sempu

Kecantikan Segara Anakan yang susah dijamah

Nama Pulau Sempu beberapa waktu terakhir ini memang lagi “naik daun”. Ada banyak traveler yang datang ke sana untuk bisa melihat pesona Pulau Sempu yang banyak dibicarakan tersebut. Memang sih keindahan Pulau Sempu luar biasa, namun bagi kamu yang tidak terbiasa trekking ada baiknya memikirkan ulang untuk datang ke sana. Kecuali kamu memang sudah mempersiapkan fisik alias makan yang banyak dan berlatih jalan jauh sebelum memutuskan ke Pulau Sempu.

Terus memang biasanya ngapain kalau ke sana? Banyak traveler yang datang ke sana untuk camping di pantai yang bernama Segara Anakan. Segara Anakan adalah pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing gitu. Kalau dilihat sekilas sih mirip dengan Pantai Phuket, ya gak?

Satu yang perlu kamu ingat jika berkunjung ke sini. Pulau Sempu pada hakikatnya adalah Cagar Alam yang wajib dijaga kelestariannya . Jika toh akhirnya kamu melancong ke Sempu, tolong tetap jaga kebersihan dan kelestarian tempat ini ya. Be a responsible traveler!

14. Menelisik Sejarah Indonesia Lewat Topeng di D’Topeng Museum

Koleksi patung di museum D'topeng Batu, Malang

Museum unik ini berdekatan dengan lokasi Museum Angkut. Jadi buat kamu yang sudah berencana mengunjungi Museum Angkut mendingan sekalian juga lihat-lihat koleksi museum cantik ini. Museum topeng ini baru dibuka pada Mei 2014 lalu. Di dalamnya pengunjung dapat melihat berbagai jenis topeng khas Jawa Timur, NTB, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. Tidak hanya berisi topeng-topeng saja, museum ini pun mengoleksi berbagai benda pra sejarah hingga zaman Majapahit.

Untuk bisa masuk ke museum unik ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp.25.000. Namun jika ingin membeli tiket terusan (Museum Angkut+Museum D’topeng) pengunjung hanya perlu membayar Rp.60.000 pada weekdays dan Rp.85.000 saat weekend. Jadi mendingan langsung dong ya?

15. Panen Madu di Agro Tawon Rimba Raya

Memanen madu langsung dari sarangnya

Bosan dengan wisata alam seperti pantai atau gunung? Kalau iya wisata agro tawon rimba bisa jadi alternatif ketika kamu berkunjung ke Kecamatan Lawang, Malang. Di sini kalian akan diajak memanen madu langsung di sarangnya. Setiap sarang yang siap panen berukuran 4 cmx 4 cm dihargai Rp.10.000.

Nah kalau kamu gak mau ribet dengan urusan panen memanen bisa juga sekadar mencoba minuman seperti es madu, jus jambu madu, serta berbagai produk lainnya yang berhubungan dengan lebah. Di sini juga menyediakan jasa terapi sengat lebah yang katanya berguna mengobati penyakit seperti kanker atau stroke.

16. Melongok Keberadaan Gerbong Maut di Museum Brawijaya

Gerbong maut yang legendaris

Di Museum Brawijaya yang terletak di Jalan Ijen Malang ini menyimpan berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan sejarah perjuangan masyarakat Malang saat melawan penjajah. Di dalamnya ada ada tank yang digunakan saat perjuangan pada 10 November 1945 di Surabaya. Selain itu ada juga koleksi mobil dinas, senjata perang, topi baja, dan juga sepatu tempur yang semuanya memiliki nilai sejarah yang besar.

Tapi yang paling legendaris dari koleksi benda berserah di museum tersebut adalah keberadaan gerbong maut yang dulunya mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya. Menurut sejarah, 100 orang pejuang ini dimasukkan ke dalam gerbong kecil yang tertutup rapat dalam perjalanan menuju Surbaya. Ketika sampai di tujuan banyak tentara yang sudah tewas akibat kehabisan energi. Ada pun 12 orang yang tersisa langsung dimasukkan ke dalam penjara Kalisosok di Surabaya.

17. Melihat Burung Merpati Sembari Menikmati Internet Gratis di Alun-Alun Kota Malang

Air mancur di alun-alun Kota Malang

Wisata murah di Malang yang juga sayang untuk dilewatkan adalah bersantai sambil menikmati puluhan burung merpati yang berterbangan di sekitar alun-alun Kota Malang. Alun-alun ini berbeda dengan alun-alun yang terletak di Kota Batu ya. Selain bisa melihat burung merpati, pengunjung juga bisa melihat air mancur jernih yang ada di tengah alun-alun. Selain air mancur pengunjung juga bisa menikmati intrenet gratis yang disediakan oleh PT Telkom. Jadi buat kamu yang bingung mau ke mana berwisata di Alun-Alun Malang adalah pilihan yang menarik untuk dicoba.

18. Mempelajari Sejarah Kota Apel di Museum Malang Tempo Doeloe

Penjara besi di Museum Malang Tempo Doeloe

Meskipun kamu mungkin bukan penduduk asli Kota Malang tapi mengenali sejarah Kota Apel adalah hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa mengetahui bagaimana sejarah kota ini kamu bisa datang ke Museum Malang Tempo Doeloe. Di museum ini kamu bisa melihat secara utuh sejarah kota yang sudah ada sejak tahun 1914 tersebut. Mulai dari sejarah pembentukan Kota Malang sejak 1,5 juta tahun yang lalu sampai zaman perjuangan kemerdekaan, semua ada di sini.

Kita bisa menjumpai tembikar yang sudah berusia ratusan tahun, melihat kembali sejarah kerajaan yang pernah ada di Malang, serta melihat berbagai prasasti peninggalan. Untuk bisa melihat sejarah Kota Malang tidaklah mahal. Bagi pengunjung umum hanya perlu mengeluarkan uang Rp.15.000 dan Rp.5.000 untuk yang masih berstatus pelajar.

19. Rilekskan Tubuhmu di Pemandian Air Panas Cangar Batu

Rilekskan tubuh kamu di sini

Sudah lelah berjalan-jalan di Malang selama beberapa hari? Mau rileks? Ada kok tempatnya di Malang. Nama tempat tersebut adalah Pemandian Air Panas Cangar Batu. Di sini kamu bisa berendam air panas sambil merileksan tubuh yang pegal-pegal. Selain berguna untuk membuat badan rileks, air panas di sini juga katanya berguna untuk menghilangkan berbagai penyakit kulit seperti eksim. Tiket masuk ke pemandian ini juga cukup murah hanya Rp.5.500 saja.

20. Nikmati Malam di Batu Night Spectacular

Taman Lampion di BNS

Batu Night Spectacular (BNS) adalah salah satu taman rekreasi yang sangat terkenal di Kota Batu, Malang. Alasannya apalagi kalau bukan karena kekerenan taman rekreasi ini terutama jika kamu mengujunginya pada malam hari. Berbagai wahana menari seperti sepeda terbang (dari sini kamu bisa menikmati city light Kota Malang), tampan lampion yang romantis banget, trampolin, dan masih banyak lagi.

Selain berbagai wahana menarik tersebut pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh di night market yang ada di sepanjang jalan menuju pintu keluar. Tersedia juga food court yang siap melayani pengunjung yang kelaparan setelah bermain di BNS. Harga tiket masuk BNS Rp.20.000 untuk weekdays dan Rp.25.000 saat weekend. Namun jika ingin menikmati berbagai wahana akan dipungut biaya lagi yang berkisar antara Rp.10.000-Rp.15.000 tergantung dari jenis wahannya.

21. Datangi Kebun Binatang yang Dirawat Secara Apik di Secret Zoo

Secret zoo Batu, Malang

Image kebun binatang yang terkesan tidak terurus di Indonesia akan sirna kalau kamu sudah pernah ke Secret Zoo. Di kebun binatang ini kamu bisa melihat berbagai koleksi binatang yang langsung didatangkan dari berbagai benua seperti Amerika dan Afrika. Konsep yang terorganisir membuat pengunjung bisa dengan mudah melihat semua koleksi binatang secara keseluruhan.

Secret Zoo yang diresmikan pada tahun 2010 ini berada pada luas area 14 hektar memang sangat cocok dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Malang baik bersama keluarga atau pun teman-teman. Untuk harga tiket masuk ke kebun binatang ini seharga Rp.70.000 (Senin-Kamis) dan Rp.100.000 (Sabtu-Minggu).

22. Kamu Juga Bisa Merasakan Sensasi Memetik Teh di Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun teh yang menyejukkan mata

Bisa dibilang Malang adalah kota wisata yang super lengkap. Mau pantai banyak, gunung dan bukit ada, wisata kota bisa, wisata religi tersedia, bahkan sampai wisata kebun teh pun dia punya. Kalau kamu berminat wisata kebun teh ada nih namanya Kebun Teh Wonosari Malang. Di sini pengunjung bisa berjalan-jalan di kebun teh, melihat pengolahan teh, bahkan juga menikmati teh secara langsung. Di daerah kebun teh ini juga kamu bisa berendam di kolam air panas, outbond, berkemah, bahkan sampai jalur pendakian ke Gunung Arjuno.

23. Tutup Perjalananmu Dengan Manisnya Es Krim Legendaris di Toko Oen

Toko legendaris di Malang

Kalau yang ini mungkin masuknya ke dalam jenis wisata kuliner kali ya. Toko Oen adalah toko es krim yang sudah beroperasi sejak tahun 1930. Gila tua banget kan? Mungkin yang sekarang dagang ya udah cucu generasi ke XX kali ya? Kalau kamu ke sini, keuzuran toko tersebut akan sangat terasa dari arsitekturnya yang bergaya Belanda gitu. Harga es krim di sini juga gak mahal-mahal banget kok, ya sekitar Rp.20.000, masih terjangkau untuk kamu-kamu yang datang ke sini untuk berlibur kan?

Oke deh itu tadi 23 destinasi di Kota Malang dan sekitarnya yang memang high recommended untuk dikunjungi. Selain ke-23 tempat tadi masih banyak kok tempat-tempat lainnya yang gak kalah keren untuk kamu kunjungi bersama Cakalang Trans & Tour Malang.

Bagi yang punya tempat wisata keren lainnya yang berlokasi di Malang jangan ragu dan jangan bimbang untuk share di kolom komentar loh ya!


Sumber : http://www.hipwee.com

 

 

Iklan
Komentar
  1. WARUNG INFO berkata:

    mengenang kota kelahiran(tombo kangen)suwun gan numpang berbagi

    Disukai oleh 1 orang

  2. […] pada tulisan tentang 23 destinasi wisata Malang kami sudah pernah loh mengulas tentang Museum Angkut yang isinya adalah koleksi mobil-mobil tua nan […]

    Suka

  3. […] bila kamu lagi bingung mau berburu foto di mana, jelajahi saja daerah Malang dan sekitarnya. Banyak tempat-tempat fotogenik yang instagrammable—pas buat dipajang di akun Instagrammu. […]

    Suka

  4. Anonim berkata:

    No 23 tdk banget dah,saya pencita kuliner tp sayang mengecewakan,saya sama temen2 seminggu lalu kesana,hemmmmm harga sama rasa tdk sesuai,kalau tempat bolehlah saya kasih nilai 99 tp klau rasa 40

    Disukai oleh 1 orang

    • Bicara tentang “Toko Oen” memang soal heritage place peninggalan jaman kolonial. Tapi kalo soal rasa, relatif sesuai selera masing-masing ya.. 😉

      Suka

      • Anonim berkata:

        Tp tdk rekomendit buat kuliner loh ,jauh banget loh dan menurut saya ,cakalangtrans salah menyantumkn toko oen,kalau mau yo bilang aj harganya 50-60 rb jgn bilang 25rb,maaf saya pecinta kuliner sejati dan satu lg apakah toko oen halal

        Suka

Tinggalkan kesan & pesan yuk.. ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s