Di Balik Menumpuknya Beban Kerjamu, Masih Bisa Kok Menikmati Liburan Tiap Minggu!

Posted: 25 April 2015 in Tips Wisata
Tag:, , , , ,

Buat kamu yang udah menjadi pegawai tetap di sebuah instansi maupun perusahaan, pekerjaan penuh-waktu sudah pasti menjadi beban yang harus kamu hadapi dengan berani tiap hari. Dari jam 9–5, kamu sudah memeras otak dan tenaga untuk menjemput rezekimu. Kadang kamu pun harus lembur sampai malam jika harus mengejar target atau deadline.

Karena tenaga terkuras selama hari kerja, tidur di akhir pekan biasa jadi opsi utama pegawai-pegawai seperti kita. Padahal, kamu butuh penyeimbang hidup bernama liburan, lho. Ini tidak bisa kamu dapatkan hanya dengan bermalas-malasan di kamar.

Meskipun bekerja full-time, kamu tetap bisa menikmati liburan setiap minggu, kok! Penasaran gimana caranya? Nih, kita kasih kisi-kisinya.

1. Supaya nggak tidur aja di akhir pekan, tabung energimu dengan cukup istirahat selama weekday

Pekerjaan yang kamu geluti sehari-hari sudah menyita banyak energi, lantas gimana caranya bisa tetap punya energi untuk jalan-jalan di akhir pekan? Solusinya simpel aja, jangan habiskan seluruh energimu di hari kerja. Sepulang bekerja, siapkan waktu yang cukup untuk menikmati tidur yang berkualitas.

Kurangi nongkrong dan dugem dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Kalau tidurmu tiap malam berkualitas, kamu gak cuma punya energi untuk liburan di akhir pekan, tapi produktivitas kerjamu juga terjaga.

sleep-14-750x563

2. Perhatikan efektivitas kerjamu agar bisa selesai kerja tepat waktu. Kurangi mengobrol atau prokrastinasi agar tak usah membawa pulang kerjaan di akhir pekan

Hari libur gini masih lembur ngerjain sisa-sisa pekerjaanmu di kantor? Jangan sampai, deh! Biar kamu bisa berlibur dengan tenang dan khusyuk, hindari menyisakan kerjaan untuk dikerjakan di akhir pekan. Alih-alih, selesaikan pekerjaamu lebih awal. Ingat lho, kamu itu paling cuma punya waktu satu atau dua hari untuk berlibur, jadi manfaatkan waktumu liburanmu itu dengan sebaik-baiknya.

clutter-750x500

3. Karena waktu liburanmu singkat, isilah dengan menjelajah destinasi wisata ciamik di kota-kota terdekat

Meski cuma punya waktu satu-dua hari, kamu tetap bisa menikmati atmosfer liburan dengan melakukan one-day trip ke kota-kota terdekat yang memiliki destinasi wisata yang menarik. Sebelumnya, kami udah pernah menjabarkan alasan-alasan kenapa kamu mesti melakukan one-day trip, ‘kan?

Dengan menyambangi destinasi wisata yang terjangkau dari kotamu, kamu bisa menikmati jalan-jalan seru tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam dan melakukan perjalanan yang menyita waktu.

4. Jangan ragu untuk mengeksplorasi kota tempat tinggalmu. Toh, masih banyak sudut-sudut yang belum pernah kamu jamahi

Traveling itu bukan melulu soal destinasi, melainkan soal sudut pandang tentang bagaimana kamu menikmati sesuatu yang berbeda. Kalau kamu gak sempat mengunjungi destinasi wisata yang ada di kota-kota terdekat, mengeksplorasi kota sendiri pun gak ada salahnya. Objek-objek wisata yang ada di dekat tempat tinggal kita malah seringkali luput dari perhatian kita. Lagipula, pastinya masih banyak sudut-sudut kota tempat tinggalmu yang belum pernah kamu jamahi, ‘kan?

105104_batu3

Coba cari suasana yang berbeda di kotamu, bisa mengunjungi objek wisata yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, berkeliling naik sepeda, maupun berburu kuliner khasnya sampai ke gang-gang kecil perkampungan. Kalau kamu terbiasa naik kendaraan pribadi, sesekali coba juga cari tahu gimana rasanya naik kendaraan umum di kota sendiri. Pasti harimu bakal beda, deh.

5. Karena akhir pekan adalah hari libur semua orang, temukan destinasi wisata yang masih perawan dan jarang dijamah orang

Gak cuma kamu doang yang mendapat jatah liburan hanya di akhir pekan. Bisa dipastikan bila akhir pekan tiba, destinasi-destinasi yang populer pasti sudah penuh dengan wisatawan dan pejalan. Kalau kamu pengen menyepi saat liburan, tempat-tempat kayak gitu jelas gak direkomendasikan, soalnya kamu bakal tetap ketemu dengan ratusan manusia yang sama-sama ingin liburan.

Buat menghindari hal ini, tempat-tempat yang masih jarang dikunjungi wisatawan adalah pilihan terbaikmu. Memang, kamu gak akan menemukan fasilitas-fasilitas seperti yang biasanya tersedia di destinasi wisata populer. Tapi, kamu akan menemukan lebih, yaitu kesunyian yang kamu butuhkan untuk lari sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

ARI_8302-750x498

6. Manfaatkan tanggal merah dan hari kejepit nasional demi masa liburan yang lebih panjang. Tapi, persiapan matang wajib hukumnya

Bagi pekerja fulltime, tanggal merah adalah salah satu saat yang paling ditunggu, karena itu berarti kamu memiliki tambahan hari libur barang satu atau dua hari yang bisa kamu manfaatkan untuk mengunjungi tempat yang lebih jauh. Tapi, tanggal merah juga identik dengan high season—di mana-mana ramai, karena kamu menyatu dengan gelombang wisatawan lainnya yang sama-sama ingin menikmati liburan.

Kalau kamu ingin memanfaatkan tanggal merah dan harpitnas untuk liburan, pastikan kamu sudah mempersiapkannya dengan matang. Tiket moda transportasi dan kamar hotel kemungkinan besar bakal penuh kalau kamu gak memesannya jauh-jauh hari. Untuk libur saat harpitnas, kamu juga mesti mengajukan cuti terlebih dulu.

Keramaian memang gak bisa dihindari. Tapi, kamu bisa mengantisipasi ketidaknyamanan yang gak perlu jika sudah melakukan persiapan sebelumnya.

bigstock-red-circle-marked-on-a-calenda-16554797-750x500

7. Memperpanjang masa perjalanan dinas adalah cara cerdik untuk liburan di tempat yang jauh tanpa harus keluar biaya banyak

Buat kamu yang mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan dinas, jalan-jalan di tempat tujuan wajib ada di dalam agendamu. Kalau memang memungkinkan, misalnya kamu melakukan perjalanan dinas sebelum akhir pekan, gak ada salahnya untuk meminta kepada atasan agar kepulanganmu ditunda barang satu atau dua hari. Tentunya, biaya selain transportasi mesti kamu tanggung sendiri.

Dengan menunda kepulangan perjalanan dinas ini, kamu punya kesempatan untuk berjalan-jalan dan menikmati liburan ke tempat asing yang mungkin bakal mahal kalau kamu pergi dengan uang sendiri.

airplane-beautiful-color-cute-lens-flare-Favim.com-456703-750x563

8. Yang paling penting, niatkan dirimu untuk menjelajah. Kalau sudah niat, apa saja bakal kamu usahakan, kok

Semua hal di atas tentu gak ada gunanya ketikan kamu gak memiliki hal yang paling penting: niat. Dengan niat, semua hal yang terasa sukar pasti akan menemukan jalannya. Niatkanlah jalan-jalan di akhir pekan, maka kamu akan beranjak dengan sendirinya.

Selain itu, jangan takut kecapekan; kamu harus all-out saat menjalani liburanmu di akhir pekan. Toh, sepulangnya kamu bisa tidur sampai puas. Esok hari saat udah masuk kerja lagi, capekmu mungkin masih tersisa, tapi perasaan bahagia karena udah jalan-jalan akan menginspirasimu untuk bekerja lebih baik lagi.

11111299_923572827682519_1046577_n-750x576

Tuh, siapa bilang pekerja fulltime cuma bisa liburan setahun sekali?


 

Sumber : http://www.hipwee.com

 

Iklan
Komentar
  1. archnine berkata:

    hehe kalo saya tipe yang nggak suka kluyuran gan. tapi ngendon di garasi. sehari ngebengkel motor juga ayo aja 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan kesan & pesan yuk.. ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s