Sejuta Eksotisme Probolinggo yang Membuatnya Layak Kamu Anggap Sebagai Cuilan Nirwana

Posted: 2 Agustus 2015 in Artikel Wisata, Produk & Layanan, Tips Wisata
Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kalau ngomongin destinasi traveling Pulau Jawa, Jawa Timur gak pernah berhenti jadi buah bibir. Kali ini, CakalangTrans akan mengulas eksotisme yang dimiliki salah satu daerah di Jawa Timur, yaitu Probolinggo. Meski Probolinggo terbagi menjadi kabupaten dan kota, gak ada salahnya kalau kita melihat pariwisatanya sebagai satu kesatuan.

Sebagai daerah yang dikelilingi oleh Gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan Gunung Bromo, dan Selat Madura di sisi utara – potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kota Angin ini tentu gak bisa dipandang sebelah mata. Hanya saja, masih banyak yang belum tahu keistimewaan tersembunyi yang dimiliki tempat ini.

Sekali menginjakkan kaki kemari, kamu mungkin akan menganggap Probolinggo serupa surga. Nggak percaya? Yuk, kita telisik eksotisme Probolinggo satu per satu!

 

 

1. Kita mulai dengan wisata pantainya. Menghadap Selat Madura, Probolinggo punya Pantai Bentar dengan panoramanya nan mempesona

Pantai Bentar Indah

Pantai Bentar Indah atau yang lebih dikenal dengan pantai Bentar adalah pantai andalan kabupaten Probolinggo yang tak boleh kamu lewatkan. Letak pantai yang berada di tepi jalan raya Surabaya–Banyuwangi, kecamatan Gending, membuatnya menjadi salah satu tempat liburan favorit keluarga. Apalagi wisatawan memang dimanjakan dengan sejumlah fasilitas yang disediakan di kawasan ini.

Selain panorama pantai, kamu juga bisa menikmati wisata danau buatan, piknik di rerumputan yang teduh dengan pepohonan, maupun naik kereta mini. Jangan lewatkan juga untuk berjalan-jalan sekaligus berfoto di atas anjungan di tepi pantai. Di kejauhan, kamu bisa melihat hutan mangrove dan siluet Gunung Argopuro. Pada waktu-waktu tertentu, sekitar bulan Januari–Maret, kamu juga bisa melihat penampakan hiu paus yang sedang bermigrasi tak jauh dari lepas pantai.

 

 

2. Langkahkan kakimu di atas papan-papan kayu demi menyusuri eloknya wisata hutan bakau di Bee Jay Bakau Resort

Wisata Mangrove BJBR

Cuma berjarak sepuluh menit dari pusat kota Probolinggo, kamu sudah bisa menikmati eloknya berjalan-jalan menyusuri hutan mangrove. Datanglah ke Bee Jay Bakau Resort atau BJBR, salah satu ikon pariwisata di kota Probolinggo. Lewat papan-papan kayunya, kamu akan disuguhi pemandangan hutan bakau yang hijau nan menawan sekaligus menikmati fasilitas ala resort yang istimewa.

Tak jauh dari pintu gerbang, kamu akan menjumpai perahu yang disulap menjadi sebuah kafe. Di antara rimbunnya pepohonan bakau, kamu bisa menyaksikan eloknya laut selat Madura. Bila malam tiba, tempat ini akan dihiasi dengan lampu warna-warni yang semarak.

 

 

3. Di lepas pantai Probolinggo, kamu bisa menyambangi Gili Ketapang – miniatur Pulau Madura yang keelokannya sungguh menawan

Salah satu sudut pulau Gili Ketapang

Pernahkah kamu mengunjungi berbagai eksotisme di Pulau Madura? Nah, ternyata Probolinggo punya sebuah pulau cantik miniatur Madura bernama Gili Ketapang di lepas pantainya. Dengan eksotisme berupa pantai berpasir putih nan elok di sekeliling pantainya plus pemandangan laut biru yang menggelora, siapa yang bisa menyangkal keelokan pulau ini?

Untuk menggapai pulau ini, kamu bisa menumpang perahu nelayan selama sekitar 45 menit. Sebagian besar penduduknya adalah orang Madura, tapi keelokan pulaunya sendiri pasti membuat kamu seolah sedang berada di negeri yang jauh.

 

 

4. Tak jauh dari pusat kota Probolinggo, terdapat Danau Ranu Segaran yang siap menghipnotismu dengan keindahan nan tak terlupakan

Ranu Segaran

Cukup menempuh perjalanan selama 30 menit menuju Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, kamu sudah bisa menyambangi Danau Ranu Segaran yang sejuk dan mempesona. Ranu Segaran ini merupakan bekas kawah yang terisi air menjadi danau. Di sekelilingnya, pemandangan hutan serta pegunungan hijau yang menyejukkan siap menjamu kamu, membuatmu terlena menikmati panoramanya.

Saat mengunjungi Ranu Segaran, gak ada salahnya juga mampir ke Ranu Agung, danau kembarannya Ranu Segaran yang memiliki panorama tak kalah menawan. Letaknya juga dekat dari Ranu Segaran, kok.

 

 

5. Sedikit melipir dari Danau Ranu Segaran, ada pula Pemandian Air Panas Tiris yang bisa jadi tempatmu menyegarkan badan

Pemandian Air Panas Tiris

Selesai menikmati panorama Ranu Segaran yang melenakan, jangan terlewatkan untuk merendam tubuh di pemandian air panas Tiris. Gak jauh kok, cukup jalan kaki sekitar 200 meter, sampailah kamu di pemandian air panas ini.

Sumber air panas yang mengandung belerang ini berdampingan dengan aliran air Sungai Tiris yang dangkal dan jernih, bahkan cuma dibatasi oleh sekat batu yang sederhana. Rasakan segarnya air panas memijat seluruh tubuhmu sambil menikmati panorama elok yang terhampar. Benar-benar kayak di surga, deh!

 

 

6. Kunjungi ujung barat daya Probolinggo dan abadikan cantiknya matahari terbit di Gunung Bromo

Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo berada di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Makanya, saat menjelajahi eksotisme yang dimiliki Probolinggo, tentu belum lengkap kalau kamu gak menyempatkan diri untuk mengintip secuil pesona gunung yang diagungkan oleh masyarakat Tengger ini.

Jangan lupa mengabadikan cantiknya sunrise dari Bukit Pananjakan. Lalu, sebrangilah lautan pasir untuk memandang kawah Bromo dari dekat.

 

 

7. Jangan sampai alpa menjamahi Desa Sapih di Kecamatan Lumbang. Kamu takkan bisa melupakan keindahan air terjun Madakaripura yang sudah dikenal banyak orang

Air terjun Madakaripura

Gak ada yang menyangkal kalau air terjun Madakaripura dibilang sebagai salah satu air terjun yang paling indah di Indonesia. Sebagai bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun ini menawarkan keelokan yang tiada duanya. Konon, air terjun ini adalah tempat Patih Gadjah Mada bermeditasi untuk terakhir kalinya. Tempat ini juga dianggap keramat bagi umat Hindu Tengger.

Madakaripura dikelilingi tebing yang menjulang setinggi 200 meter, membuatmu mesti menengadah untuk menikmati seluruh keindahannya. Turunlah ke dasar air terjun dan rasakan sendiri kemegahan yang takkan kamu lupakan seumur hidupmu.

 

 

8. Buat kamu yang menggemari hal-hal menantang, berarung jeram di sepanjang Sungai Pekalen akan memacu adrenalinmu sampai batas maksimal

Keelokan yagn kamu temukan saat rafting di Sungai Pekalen

Suka olahraga arung jeram? Kalau gitu, kamu wajib mencicipi aliran air Sungai Pekalen di atas perahu karet. Sungai ini membelah tiga kecamatan di kabupaten Probolinggo, yaitu Kecamatan Maron, Tiris, dan Gading. Dengan tingkat kesulitan grade III, adrenalinmu akan dipacu sampai batas maksimal, tapi tetap aman dan menyenangkan buat pemula. Apalagi, pemandangan ngarai berbalut air terjun akan menjamu kamu di sepanjang alirannya.

 

 

9. Kamu yang gemar mendaki, tenggelamlah dalam pelukan alam di Gunung Argopuro yang menawan sekaligus misterius

Menjemput kabut di Danau Taman Hidup, Gunung Argopuro

Gunung-gunung yang mengelilingi Probolinggo seakan menjadi berkah tersendiri bagi daerah yang berjulukan Kota Mangga ini. Salah satu gunung yang pantas kamu jamahi adalah Gunung Argopuro yang rupawan namun misterius. Kamu pasti tertantang untuk menggapai Puncak Rengganis dan Puncak Argopuro yang ketinggiannya mencapai 3.088 mdpl. Salah satu jalur yang populer untuk memulai mendaki adalah via Bremi.

Memang, mendaki gunung ini memerlukan persiapan yang gak main-main. Apalagi, jalur pendakiannya adalah yang paling panjang dibandingkan gunung-gunung lain di Pulau Jawa. Tapi, pemandangan luar biasa telah menantimu sepanjang jalan. Salah satunya, Danau Taman Hidup yang terasa magis ketika kabut menyelubunginya di pagi hari.

 

 

10. Tak cuma “kaya” dengan wisata alamnya, Probolinggo juga sarat dengan nilai sejarah yang tak mudah terlupa. Sempatkan dirimu mengunjungi Candi Jabung yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit

Candi Jabung

Wisata alam yang dimiliki Probolinggo memang tiada duanya. Tapi, Probolinggo juga memiliki eksotisme sejarah berupa sisa-sisa kejayaan Majapahit. Salah satunya adalah Candi Jabung yang terletak di desa Jabung, Kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo, atau berjarak sekitar 25 Km dari pusat kota.

Candi Jabung merupakan candi Hindu yang dibangun pada masa Kerajaan Majapahit. Meskipun konstruksinya terbuat dari bata merah, candi ini sanggup bertahan sampai kini. Keadaannya pun masih baik dan tampak terawat lho. Kalau kamu menyukai wisata sejarah, gak ada salahnya mampir kemari untuk mencoba meraba relief candi cantik ini.

 

 

11. Mampir juga ke Museum Probolinggo di mana kamu bisa belajar lebih jauh tentang warisan sejarah dan budaya dari kota ini

Museum Probolinggo

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang sejarah dan budaya yang dipunyai Probolinggo, datanglah ke Museum Probolinggo yang terletak di Jalan Suroyo. Museum ini adalah ikon wisata Kota Probolinggo yang diresmikan sejak tahun 2009. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai koleksi dan artefak yang berhubungan dengan sejarah kota ini.

 

 

12. Akhirnya, jelajahi warung-warung sederhana yang menawarkan beragam pesona kuliner khas Probolinggo yang melegenda

Soto Kraksaan

Setelah berlelah-lelah menyambangi sejumlah eksotisme yang dimiliki oleh Probolinggo, lapar pasti melanda, dong? Nah, saatnya wisata lidah lewat bermacam kuliner khas yang ditawarkan oleh kota ini. Salah satunya adalah soto kraksaan yang bisa kamu jumpai di kecamatan Kraksaan. Soto ini menawarkan cita rasa berbeda dari soto lainnya lewat kuah santan, daging ayam jantan, serta serbuk kelapa yang disangrai.

Selain itu, ada juga nasi glepungan yang tradisional dan sederhana. Nasi glepungan ini berasal dari campuran nasi dan sari-sari jagung. Makanan khas ini biasanya disajikan dengan lauk sederhana berupa ikan asin, tempe, dan tahu penyet, plus diberi sayuran lalapan dan sambal.

 

Dengan sejumlah pesona yang ada di Probolinggo, gak muluk-muluk ‘kan kalau daerah ini disebut sebagai salah satu surga di Jawa Timur? Nah kalau kamu mau nambahin destinasi wisata lainnya yang ada di Probolinggo, tuliskan di kolom komentar yuk.. 😉

 


sumber : hipwee.com

Iklan
Komentar

Tinggalkan kesan & pesan yuk.. ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s